Luar Biasa, Ini Dia Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat kedelai – Siapa yang tidak mengenal bahan makanan yang satu ini. Kedelai atau bisa juga disebut kacang kedelai. Merupakan tanaman jenis polong – polongan yang merupakan bahan dasar dari Tempe, Tahu dan juga Kecap. Selain itu kedelai juga biasa dikonsumsi dengan cara direbus biasa atau juga menjadi makanan lain seperti “rempeyek” dan lain sebagainya. Kedelai juga memiliki banyak jenis namun umumnya rupa dan bentuknya tidak jauh berbeda.

Kita lupakan tentang asal usul kedelai dan berganti melihat dari sisi manfaatnya untuk kehidupan manusia. Apa sih manfaat kedelai ? Jawabanya banyak, terutama untuk kesehatan. Pada kesempatan ini di Ruang Berbagi akan berbagi informasi penting mengenai  manfaat kedelai untuk kesehatan manusia.

Kandungan Dan Manfaat Kedelai

manfaat kedelai

Berbicara tentang manfaat, kita tidak bisa melupakan kandungannya, karena manfaat tersebut berasal dari zat – zat yang berada di dalamnya. Berikut ini kandungan sekaligus manfaat yang terdapat di dalam bahan makanan ini :

√ Untuk kecerdasan dan penglihatan

Salah satu manfaat kedelai yang mungkin anda sendiri tidak menyangkanya yaitu untuk kecerdasan dan juga penglihatan. Kedelai mengandung kadar protein yang tinggi, bahkan menurut Prof. Dr. Ir. Made Astawan, Ms yang merupakan Dosen ITB mengatakan kualitas protein yang ada di kedelai menyamai protein pada telur dan daging sapi, walaupun tidak sama.

Tidak hanya itu, 85% kandungan yang ada di dalam bahan makanan ini terdiri dari asam lemak tak jenuh yang salah satunya yaitu asam linoleat. Tahukah anda fungsi asam lemak tersebut ? Asam Linoleat di dalam tubuh akan diubah menjadi AA dan DHA yang berperan penting dalam kecerdasan otak. Selain tinggi protein, kedelai juga mengandung banyak vitamin yang serta mineral yang baik untuk kesehatan. Termasuk untuk ketahanan dan kesehatan penglihatan.

√ Memiliki kandungan Isoflavon yang memiliki khasiat segudang manfaat

Tidak banyak orang tahu mengenai kandungan zat isoflavon yang ada di dalam kacang kedelai. Zat fitokimia ini ternyata memiliki manfaat dan kehebatan yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Struktur kimianya yang mirip sekali dengan Hormon Esterogen membuat zat ini menjadi terapi untuk sulih estergen.

Selain itu, berikut manfaat lain kadang kedelai yang juga berasal dari kandungan manfaat Isoflavon.

  • Dapat menurunkan tekanan darah tinggi baik diastolic dan juga sistolik
  • Menurunkan kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik (HDL)
  • Dapat mencegah osteoporosis
  • Mengurangi resiko terkena kanker ovarium dan payudara

Oleh karena itu, banyak disebutkan bahwa diantara beberapa jenis makanan penurun tekanan darah tinggi salah satunya yaitu kacang kedelai.

√ Manfaat Kedelai untuk mencegah penyakit jantung

Manfaat kedelai selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini jelas, bisa kita lihat dari ulasan kandungan isoflavon yang terdapat dalam kedelai ini. Diantara manfaatnya yaitu menurunkan kadar kolesterol dan juga menormalkan tekanan darah. Hal ini tentu akan membawa kesehatan jantung dan jauh dari datangnya penyakit jantung yang penyebabnya tidak lain adalah darah tinggi dan kolesterol.

Fakta – Fakta Dibalik Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa hal – hal yang tidak kita sangka tentang kandungan dan keunggulan kacang kedelai dibandingkan dengan bahan makanan bergizi lainnya :

  • Manfaat protein kedelai dua kali lebih banyak dari protein yang bersal dari susu
  • Kedelai utuh memiliki kandungan serat lebih banyak daripada ayam
  • Kedelai utuh juga memiliki kandungan zat besi, kalsium dan serta yang lebih tinggi dari ikan salmon.
  • Memiliki zat besi dan antioksidan lebih banyak dibandingkan roti gandum

Baca juga : Manfaat daun Bayam untuk kesehatan

Apa yang anda pikirkan sekarang ?

Jangan abaikan manfaat yang bisa kita dapatkan dari kacang kedelai. Gizi tinggi tidak harus kita dapatkan dari makanan yang mahal. Ternyata dengan kedelai kita bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan gizi yang luar biasa. Sekian dari kami semoga tulisan manfaat kedelai bagi kesehatan dapat bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply