Luar Biasa ! Ternyata Inilah Manfaat Daun Sirsak Yang Sesungguhnya

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan bukan lagi sekedar kabar burung saja. Namun berbagai penelitian telah membuktikannya. Sirsak katanya merupakan buah yang berasak dari Karibia, daging buah berwarna putih, kulitnya hijau dipenuhi duri yang tidak tajam, serta bijinya hitam dan cukup keras.

Selain buahnya yang segar dan kaya kandungan vitamin C, daunnya pun memiliki berbagai macam khasiat atau manfaat baik untuk kesehatan maupun yang lainnya. Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin yang merupakan senyawa aktif yang berfungsi untuk membunuh racun.

manfaat daun sirsak

Oleh sebab itu, daun sirsak sangat terkenal dipercaya sebagai obat kanker alami paling mujarab. Ada banyak lagi manfaat daun sirsak yang sudah diulas oleh berjuta – juta media. Di sini saya juga ingin berbagi kepada pembaca, Ruang Berbagi dimanapun anda berada. Dua manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan dalam dunia agrarian.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Berbagai macam penyakit ternyata bisa ditangani dengan hanya menggunakan manfaat dari daun buah ini. Dari mulai asam urat, kanker, kolesterol tidak terkecuali diabetes.

1. Manfaat daun sirsak untuk diabetes

Selain zat pembunuh racun yang efektif, di dalam daun sirsak juga terkandung senyawa lain seperti antioksidan saponin, polifnol dan juga bioflavonoid. Senyawa – senyawa ini dipercaya ampuh untuk menstabilkan kadar gula darah dan juga berfungsi efektif untuk menangkal radikal bebas dan penyakit lain yang berbahaya.

2. Manfaat daun sirsak untuk hipertensi

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan lainnya yaitu sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Memang ada berbagai macam cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan khasiat herbal alami salah satunya yaitu daun sirsak.

Senyawa antioksidan yang cukup banyak terkandung di dalam daun ini ternyata juga bisa memperlebar dan melenturkan pembuluh darah. Dengan demikian peredaran darah menjadi lancar yang berefek pada normalnya tekanan darah. Namun untuk dosis konsumsi dan cara penyajiaanya perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut.

Cukup dua manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang saya angkat di artikel ini karena sudah cukup banyak sekali yang membahasnya. Berikutnya yang cukup mencengangkan, daun sirsak juga ternyata bisa bermanfaat untuk pertanian yaitu sebagai bahan pembuat pestisida alami.

Manfaat daun sirsak sebagai pestisida alami

Penggunaan insektisida dan pestisida kimia berlebihan tidak hanya berdampak negative bagi manusia, tapi juga berpengaruh terhadap lingkungan sekitar tanaman tersebut. Sekarang terdapat alternative yang cukup aman yaitu menggunakan pesitida alami yang dibuat dari daun sirsak.

Selain senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, di dalam daun sirsak juga terdapat senyawa aktif annonain dan resin yang telah diteliti efektif untuk mengendalikan hama tanaman terutama trips. Tidak hanya itu, apabila dikombinasikan dengan bahan lain seperti tembakau ternyata ampuh juga untuk membasmi hama sejenis belalang dan ulat. Dan yang menggembirakan lagi cara membuat pestisida alami dari daun sirsak juga tidak terlalu sulit.

Leave a Reply