Ternyata Manfaat Daun Pepaya Sangat Banyak, Baca Selengkapnya Di Sini

Hampir semua orang tau manfaat daun papaya. Bukan rahasia lagi, daun dengan rasa pahit ini menjadi obat dari berbagai macam penyakit. Daun papaya juga bisa kita masak menjadi sebuah sayur tumisan yang hampir – hampir kita bisa dapati di acara hajatan. Dan segudang manfaat lainnya yang bisa kita petik dari daun papaya atau kates ini.

Ruang Berbagi pada kesempatan kali ini ingin mengupas sedikit tentang bebrapa manfaat daun papaya yang cukup fenomenal ini. Selain dalam bidang kesehatan, ternyata daun papaya juga dimanfaatkan juga di peternakan, perikanan dan juga pertanian. Mau tahu ? Yuk langsung saja kita simak berikut ini :

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

daun pepaya untuk kesehatan

Ini yang cukup lazim di masyarakat kita, yaitu daun papaya digunakan untuk mencegah atau mengobati beberapa keluhan penyakit. Selain itu, manfaat daun papaya untuk kesehatan juga dapa anda gunakan sebagai masker, dan lain sebagainya. Berikut bebrapa manfaat daun papaya dalam dunia kesehatan.

  1. Sebagai zat anti kanker ( mencegah penyakit kanker)
  2. Anti Malaria
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas)
  4. Membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri
  5. Mencegah demam berdarah
  6. Daun pepaya juga berfungsi untuk mengobati jerawat
  7. Memperlancar pencernaan dan menyehatkan lambung

Itu hanya sebagian kecilnya saja, tentunya ada lebih banyak lagi kahsiat daun papaya untuk kesehatan yang belum kita sebutkan diatas.  Selanjutnya, daun papaya juga ternyata bisa bermanfaat untuk peternakan dan perikanan. Mau tau ?

Manfaat daun pepaya untuk ayam

manfaat daun pepaya untuk ayam

Sama seperti pada manusia, manfaat daun papaya ini juga dapat dirasakan oleh ternak dan ikan. Anda yang suka dengan ayam Bangkok, tentu tau betul manfaat daun papaya untuk ayam ini. Berikut beberapa manfaatnya untuk ayam dan ternak.

  1. Sebagai penambah nafsu makan ternak (ayam)
  2. Obat cacing yang efektif
  3. Menambah imunitas dan kekebalan dari wabah penyakit
  4. Menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran pencernaan
  5. Menambah stamina untuk ayam aduan (jamu)

Daun Pepaya untuk ikan Lele

Sedangkan manfaat daun pepaya untuk lele atau ikan juga tidak terlalu jauh berbeda dengan ayam. Berikut bebrapa manfaat daun papaya untuk lele  :

  1. Sebagai antibakteri di perairan sehingga akan menyehatkan biota air dalam kolam
  2. Sebagai pakan alami lele
  3. Obat anti stress
  4. Menambah napsu makan dan menguatkan daya tahan ikan
  5. Obat alami bagi lele yang terkena penyakit

Nah itulah beberapa kasiat daun papaya untuk kesehatan manusia dan juga ternak. Namun jangan kaget, belum berhenti sampai di situ. Daun papaya juga bermanfaat dalam dunia pertanian diantaranya sebagai bahan pembuat pestisida organic.

Manfaat daun pepaya untuk pestisida organik

Berbagai penelitian telah dilakukan, ternyata di dalam daun papaya terdapat bahan aktif Papain  yang ampuh untuk mengendalikan hama ulat. Manfaat daun pepaya sebagai pestisida alami ini bisa diaplikasikan pada berbagai macam jenis serangga seperti rayap, ulat bulu, kutu kecil dan beberapa jenis lainnya.

Cara membuat pestisida organic dari daun papaya juga tidak sulit. Daun papaya cukup diekstrak kemudian dicampur dengan bahan lain seperti detergen dan minyak tanah. Dan kemudian disemprotkan pada tanaman yang terkena hama tersebut.

Daun papaya, sekali lagi bukan hanya nikmat untuk dijadikan sayuran pelengkap makan siang anda, melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan manusia, ternak, ikan dan juga tumbuh – tumbuhan. Sekian, semoga bermanfaat. Berbagi Itu Indah

Leave a Reply