Inilah Dia Kandungan Dan Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan daun bayam. Tanaman yang hampir keseluruhannya hijau ini merupakan sayuran yang multi guna, bisa dimasak dengan berbagai macam jenis masakan. Selain itu, manfaat daun bayam ini juga sangat banyak, terutama untuk kesehatan. Kali ini RuangBerbagi akan mengulas lebih dalam tentang beberapa khasiat daun hijau ini untuk kehidupan manusia.

Bayam atau Amaranthus merupakan tumbuhan daun tropik yang konon katanya berasal dari Amerika. Namun kenyataanya sekarang berkembang di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia, bahkan menjadi menu makanan faforit keluarga kita. Sayur bayam yang segar dan kaya akan gizi yang berguna untuk kesehatan manusia.

manfaat daun bayam

Bila kita berbicara tentang manfaat daun bayam, tentunya kita tidak lepas dari isi atau kandungan zat yang ada di dalamnya. Nah sebelum kita ke manfaat, mari kita lihat apa saja kandungan zat yang ada di dalam tumbuhan hijau ini

Kandungan Zat yang terdapat dalam daun Bayam

Anda masih ingat dengan film Popeye si pelaut ? Apa makanan faforitnya sehingga iya memiliki kekuatan super ? Benar ! Bayam, inilah beberapa kandungan zat yang ada di dalam daun bayam.

Secara umum, bayam mengandung hampir semua zat – zat yang berguna untuk kesehatan manusia yaitu Vitamin K, C, E dan juga Vitamin A. Namun ada satu kandungan yang banyak di dalam daun ini yaitu zat besi. Yaitu Fe2+ atau (Ferro) yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Namun demikian anda harus hati – hati karena apabila Fe2+ dibiarkan terlalu lama, maka iya bisa berinteraksi dengan oksigeb (O2) dan ini akan menghasilkan zat Fe3+ yang bersifat racun. Sehingga anda sudah tidak boleh mengkonsumsi sayur bayam yang lebih dari 5 jam.

Manfaat daun bayam untuk kesehatan

Terlepas dari semua hal itu, Byam mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini karena zat – zat yang terkandung di dalamnya cukup banyak dan mewakili semua kebutuhan tubuh kita. Berikut beberapa mafnaat daun bawang yang bisa saya ulas dari berbagai sumber.

1. Alternatif penurun tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan satu penyakit yang cukup banyak mendapatkan perhatian. Hal ini karena dampak atau komplikasi yang diakibatkan dari penyakit ini cukup berbahaya. Namun siapa sangka, tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsimsi bayam. Tentu saja ini sebuah kabar gembira untuk anda yang suka dengan sayuran ini.

Kandungan folat di dalam sayuran ini dapat bermanfaat untuk mengendurkan dinding pembuluh darah sehingga laju aliran darah menjadi normal dan tekanan darah akan turun. Selain itu bayam juga sangat rendah kalium dan sodium sehingga sangat aman dikonsumsi untuk penderita darah tinggi.

Baca juga : 5 jenis makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat

2. Menangkal datangnya sel – sel kanker

Ternyata di dalam daun bayam juga terdapat senyawa Flavonoid yang cukup banyak. Flavonoid merupakan phytonitrisi yang dapat memperlambat pembelahan sel – sel kanker. Oleh karena itu, mengknosumsi daun bayam dengan cara yang benar sangt bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari seangan sel – sel kanker.

3. Penambah Darah

Sayur – sayuran berwarna hijau memang terkenal dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Tidak terkecuali dengan bayam yang memang merupakan sumber zat besi yang bermanfaat untuk memproduksi sel – sel darah merah dengan stabil. Sehingga anda bisa terbebas dari anemia atau kurang darah.

4. Menurunkan resiko Penyakit Jantung

Manfaat daun bayam selanjutnya yaitu dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. Seperti sudah kita ulas diatas, tinggi kandungan folat dalam daun bayam dapat melenturkan pembuluh darah. Selain itu juga terdapat choline dan inositol yang berkhasiat untuk mencegah pengerasan pembulih darah.

5. Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Untuk anda yang memiliki balita atau anak – anak dirumah, sedini mungkin perkenalkan sayuran ini agar mereka terbiasa mengkonsumsinya. Pasalnya kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya sangat bagus untuk merangsang tumbuh kembang anak bahkan juga untuk usia remaja.

Baca juga : Manfaat daun Pepaya untuk berbagai hal

Nah itulah tadi 5 khasiat atau manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh kita. Ternyata kandungan zat – zat yang terdapat di dalamnya sangat banyak dan lengkap. Semuanya bermanfaat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh badan kita sehari – hari. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply