Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Jantung Anda !

Bagi sebagian masyarakat mungkin akan menganggap makanan sehat ialah makanan mahal. Padahal ada banyak makanan di dunia ini yang sangat menyehatkan namun sesuai dengan daya beli masyarakat. Salah satu makanan sehat yang sekarang ini sedang diburu masyarakat adalah makanan sehat untuk jantung. Jantung merupakan organ tubuh paling penting yang harus dilindungi kesehatannya.

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa memulai dengan olah raga rutin dan pastinya memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Ada beberapa makanan yang terlihat sepele namun bisa merusak kesehatan jantung dan adapula makanan yang terlihat biasa saja namun dapat menyehatkan jantung. Berikut deretan makanan lezat yang berkhasiat dalam menyehatkan jantung.

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

makanan sehat untuk jantung

1. Kacang Hitam

Siapa sangka sayur sekaligus biji-bijian ini sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Kacang hitam mengandung nutrisi yang sangat baik untuk jantung. Nutrisi tersebut antara lain folat, magnesium dan antioksidan. Nutrisi tersebut mampu menjaga tekanan darah dalam tubuh dan juga gula darah. Selain itu, serat kacang merah juga membantu mengatur kadar kolesterol tubuh manusia.

Untuk mengkonsumsi kacang hitam agar lezat sekaligus menyehatkan bisa mengolah kacang hitam menjadi sup kacang hitam yang lezat. Bisa juga dengan merebus kacang hitam dan disajikan dengan sayur-sayuran lainnya. rutin mengkonsumsi kacang hitam selain menyehatkan jantung juga dapat mencegah diabetes karena fungsi kacang hitam bisa menggantikan nasi bagi penderita diabetes.

2. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Bagi masyarakat Jepang, mengkonsumsi kedelai atau dalam bahasa Jepang disebut Edamame merupakan hal yang wajib sebelum mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol lainnya. Protein yang terkandung di dalam kedelai dapat menurunkan kolesterol. Salah satu manfaat Kedelai yang telahi diyakini yaitu mampu menyehatkan jantung.

Mengkonsumsi kedelai sebaiknya dilakukan dengan cara direbus saja. Karena kedelai sudah memiliki rasa yang unik dan lezat, makan tidak perlu menambahkan perasa dan sebagainya. Kedelai yang direbus bersama kulitnya memiliki protein yang lebih utuh. Kedelai juga disebut sayur untuk jantung bisa diolah menjadi minuman susu. Susu kedelai merupakan alternatif bagi Anda yang alergi dengan susu sapi.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sehat untuk jantung. Makanan jenis umbi-umbian yang sarang seiring kita jumpai danmemilki harga yang tergolong murah ini ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan jantung manusia. Ubi jalar memiliki indeks glisemik rendah dimana hal tersebut tidak menyebabkan gula darah naik ketika mengkonsumsi ubi jalar.

Ubi jalar disebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari kentang. Selain menyehatkan jantung, serat , lycopene serta vitamin A pada ubi jalar sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam mengkonsumsi ubi jalar, sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Ubi jalar sudah memiliki ras manis yang khas. Bisa ditambahkan perasan jeruk nipis atau taburan kayu manis untuk menguatkan rasa.

4. Kacang Kenari

Menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi kenari sedikit saja setiap harinya sangat disarankan. Serat dan nutrisi kenari dapat membantu menurunkan kolesterol sehingga akan berujung pada kesehatan jantung Anda. Kenari mengandung kaya akan omega 3 dimana omega 3 merupakan lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol.

Ada banyak cara mengolah biji kenari agar nikmat di konsumsi. Kenari bisa di konsumsi langsung dengan cara menggoreng tanpa minyak atau sangrai terlebih dahulu. Bisa juga dengan cara mengolah kenari menjadi minyak kenari yang menyehatkan. Minyak kenari bisa diminum langsung atau bisa juga sebagai saus salad atau topping makanan lainnya.

Menu makanan hewani yang menyehatkan jantung

1. Salmon

Makanan untuk kesehatan jantung selanjutnya yaitu ikan Salmon. Salmon memang sudah menjadi makanan khusus dan sangat efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Daging salmon yang segar kaya akan omega 3 dimana omega 3 merupakan lemak sehat yang dianggap terbaik dalam menjaga kesehatan jantung. Omega 3 mampu menurunkan trigliserida yang menyumbat pembuluh darah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan mengkonsumsi dua porsi salmon dalam seminggu. Namun perlu diingat juga, sebaiknya dalam mengolah salmon, jangan menggunakan minyak kelapa terlalu berlebih. Masaklah salmon dengan cara di kukus atau dipanggang tanpa minyak. Jika memang ingin menggunakan minyak sebaiknya menggunakan minyak yang aman untuk jantung yaitu minyak zaitun.

2. Tuna

Ikan tuna yang memiliki daging lezat serta tebal ini merupakan makanan yang bagus untuk jantung. Meski harga tuna jika dibandingkan dengan salmon lebih murah, namun kandungan omega 3 pada tuna sangatlah tinggi. Omega 3 pada tuna berperan dalam menurunkan kolesterol jahat yang menghambat pembuluh darah sehingga darah manusia tidak bisa tersalurkan kesluruh tubuh.

Menu tuna yang sehat adalah dengan mengolah tuna menjadi ikan panggang tanpa minyak. Bisa juga menggoreng tuna namun perlu diperhatikan penggunaan minyak. Perhatikan pula tingkat kematangan daging. Jangan menggoreng terlalu lama karena dapat merusak nutrisi dalam ikan tuna. Untuk menyeimbangi gizi pastikan mengkonsumsi tuna bersama dengan sayur dan buah.

Buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung

1. Ceri

Cara merawat jantung yang asyik adalah dengan mengkonsumsi buah ceri. Ceri memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa manis asam yang khas disukai semua orang. Ceri kaya akan zat antioksidan yang disebut anthocyanin dimana zat tersebut sangat berkhasiat dalam membantu melindungi pembuluh darah serta mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Mengkonsumsi ceri bisa dilakukan dengan banyak cara. Mengkonsumsi ceri secara langsung dengan keadaan buah masih segar sangat dianjurkan. Namun mengkonsumsi ceri yang diolah terlebih dahulu juga sama baiknya. Ceri biasanya dijadikan jus atau dikeringkan terlebih dahulu. Ceri kering sangat lezat bila diolah menjadi taburan salad, sereal, atau bahan pembuatan roti.

2. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang baik untuk jantung. Bluberry mengandung nutrisi yang seimbang. Senyawa anthocyanin dan antioksidan sangat efektif dalam menjaga kelancaran dan kesehatan pembuluh darah. Senyawa tersebut mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat kadar kolesterol yang menumpuk. Antioksidan tersebut memberi warna biru gelap pada blueberry.

Blueberry sangat lezat dinikmati dengan berbagai cara. Mengkonsumsi blueberry secara langsung dengan keadaan buah yang segar juga sangat lezat. Biasanya buah blueberry disajikan bersama sereal, yogurt atau oatmeal sebagai perasa. Blueberry juga dapat diolah menjadi saus blueberry yang sangat lezat bila dihidangkan bersama dengan pancake hangat atau sebagai selai roti panggang di pagi hari.

3. Jeruk

Manis, segar dan menyehatkan merupakan kata yang pantas untuk menyebut jeruk. Dalam sebuah jeruk segar terkandung serat perctin dimana serat tersebut berperan dalam melawan kolesterol. Kandungan kalium pada jeruk berperan dalam mengendalikan tekanan darah pada tubuh Anda. mengkonsumsi dua cangkir jus jeruk setiap hari dapat merawat dan menyehatkan pembuluh darah.

Baca juga : Bahan makanan penurun Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply