5 Jenis Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Makanan penurun hipertensi memang benar – benar ada. Hal ini ditunjang dengan berbagai macam data penelitian terhadap bahan – bahan makanan tertentu yang mengandung zat – zat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ikuti selengkapnya untuk mengetahui lebih detail tentang apa saja makanan sehat untuk penderita darah tinggi

Darah tinggi sebagaimana kita ketahui merupakan satu penyakit yang cukup berbahaya. Bukan apa – apa, namun imbasnya akan berakibat pada munculnya penyakit – penyakit lain yang lebih berat seperti penyakit jantung, ginjal dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, waspadai penyakit ini dan segera lakukan terapi penyembuhanya.

Ada berbagai macam cara menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya yaitu dengan ikhtiar memakan makanan yang teruji mampu menurunkan tekanan darah tingi secara cepat dan efisien. Lalu makanan seperti apa yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi

1. Buah – Buahan

makanan penurun hipertensi

Hampir semua pakar kesehatan mulai dari dokter hingga ahli gizi mengakui dan membenarkan bahwa buah – buahan merupakan satu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Selain itu, kandungan zat tertentu dalam beberapa jenis buah – buahan dapat dengan signifikan menurunkan tekanan darah tinggi. Inilah beberapa jenis buah penurun tekanan darah tinggi

  • Pisang – Pisang merupakan buah yang banyak mengandung kalium. Kalium berfungsi untuk menetralkan dan menyeimbangkan kadar natrium di dalam darah sehingga baik sekali kita konsumsi untuk sebagai makanan penurun hipertensi.
  • Buah Bit – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutririon Journal 2013 menunjukan bahwa banyak patisipan pria mengalami penurunan tekanan darah setelah mengkonsumsi jus buah bit dalam waktu 6 jam. Di dalam buah bit terkandung nitrat yang ternyata secara alami dapat menurunkan tekanan darah.
  • Buah Kiwi – Buah yang dijuluki “superfood” ini juga ikut andil dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab buah kiwi mengandung banyak sekali zat yang beguna oleh tubuh termasuk juga kalium dan kalsium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

2. Sayuran

sayuran penurun tekanan drah tinggi

Selain buah – buahan, sayuran juga termasuk makanan sehat untuk penderita darah tinggi, terutama pada sayuran hijau. Hal ini jelas karena sayuran mengandung berbagai macam zat – zat yang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai upaya menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

  • Bayam – Tidak diragunakan lagi segudang manfaat daun bayam untuk kesehatan manusia. Termasuk juga untuk penurun tekanan darah tinggi. Di dalam sayurn hijau ini terdapat folat yang bermanfaat untuk melenturkan dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi normal. Namun tetap ingat, bayam merupakan salah satu sayuran yang tidak boleh dibiarkan lama lebih dari 4 jam.
  • Kentang – Selain sayuran hijau, jenis sayuran ini juga termasuk makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Pasalnya, kentang mengandung banyak kalium dan magnesium, dimana kedua zat tersebut merupakan mineral yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.
  • Tomat – Tomat kita bisa masukkan ke dalam jenis sayur- sayuran. Selain kaya vitamin C, kandungan Kalium dan Kalasiumnya juga tinggi. Sehingga tomat bisa kita jadikan alternative sayuran atau makanan penurun hipertensi atau darah tinggi.

3. Kedelai

makanan penurun tekanan darah

Kedelai mewakili berbagai macam jenis kacang – kacangan yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan manusia. Termasuk juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bukan hanya kalium dan kalsium yang terdapat di dalam biji kedelai. Namun ada satu zat yang namanya isoflavon. Zat fitokimia ini memiliki banyak sekali manfaat yang salah satunya yaitu untuk membantu menormalkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Terungkap manfaat kedeli yang belum banyak orang tahu

4. Ikan

makanan penurun tekanan darah

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi ikan. Selain anti kolesterol ikan juga mengandung banyak zat – zat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Salah satunya pada jenis ikan salmon. Ikan salmon mengandung banyak asam lemak omega -3 yang sangat ampuh dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Oleh karena itu biasakan mengkonsumsi ikan, terutama jenis ikan salmon dan menambahkannya pada menu makanan untuk penderita darah tinggi. Namun demikian, perhatikan juga cara memasaknya, jangan terlalu banyak ditambahkan garam. Untuk rasa, anda bisa gunakan minyak zaitun yang juga memiliki khasiat yang sama.

5. Oatmeal

makanan penurun tekanan darah

Kalau kita sering melihat salah satu produk Oatmeal di TV, kita ketahui bahwa Oatmeal merupakan makanan sehat untuk jantung.  Tapi tidak sebatas itu, kandungan serat yang tinggi pada makanan ini juga dapat berfungsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Oatmeal terbuat dari gandum yang merupakan bahan makanan rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu Oatmeal merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Nah itulah beberapa jenis makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Sebenarnya tidak hanya itu saja, masih banyak lagi bahan – bahan makanan yang bisa kita manfaatkan sebagai alternative menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply