Mengenal Jenis – Jenis Printer Lengkap Dengan Penjelasannya

Printer merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam penggunaan computer. Karena printer berfungsi sebagai output atau perangkat keluaran. Keperluan mencetak dokumen, foto atau file-file lainnya dalam jumlah yang banyak. Manfaat printer sendiri yaitu untuk mencetak dokumen atau merubah file yang tadinya berupa bentuk digital, diubah menjadi bentuk fisik yang real atau nyata di atas media kertas dan media lainnya.

Jenis-jenis Printer

jenis- jenis printer

Untuk printer sendiri terdapat beberapa jenis yang biasa ditemukan atau yang biasa digunakan. Baik digunakan secara pribadi, hingga untuk kepentingan khusus atau bersama. Berikut jenis-jenis printer yang biasa dijumpai atau digunakan :

1. Printer dot matrix

Printer dot Epson Matrix merupakan jenis printer pertama yang masih digunakan sampai saat ini. Mengapa disebut printer dot matrix? Karena printer jenis ini menggunakan percetakan yang berupa titik-titik atau dot yang disatukan dan digabungkan, sehingga mendapatkan hasil cetakan. Printer jenis dot matrix ini merupakan jenis printer generasi pertama, yang cara penggunannya masih menggunakan cartridge untuk mencetak dokumen.

Cartridge atau pita memiliki fungsi yang mirip dengan mesin tik, yang nantinya ada sebuah komponen pencetak pada printer yang kemudian akan menekan cartridge atau pita tersebut sehingga dapat menempel pada kertas dan menghasilkan cetakan.

2. Printer Ink – Jet

Ketiga jenis priter tersebut merupakan jenis printer yang dikembangkan dari jenis printer sebelumnya yaitu printer Dot Matrix. Jenis printer ini memiliki kesamaan fungsi hanya pada istilahnya saja yang berbeda. Printer jenis ini sudah tidak lagi menggunakan cartridge untuk pencetakannya seperti printer Dot Matrix, dan sudah menggunakan tinta untuk media pencetakannya.

Untuk saat ini, printer jenis desk jet dan ink jet merupakan jenisprinter yang paling sering digunakan, karena cara penggunaannya lebih praktis, mampu mencetak dokumen dengan waktu cepat dan bisa mencetak dokumen berwarna. Contoh Printer Ink Jet yang cukup terkenal hingga saat ini yaitu Canon ip2770.

3. Printer Laser Jet

Jenis printer selanjutnya yaitu jenis printer Laser Jet. Sesuai dengan namanya, printer laser jet dapat mencetak file dengan sangat cepat. Printer Laser Jet juga menjadi salah satu jenis printer tercepat dalam mencetak diantara jenis printer lainnya yang ada pada pasaran.

Untuk mencetaknya sendiri, printer Laser Jet tidak lagi menggunakan cartridge atau tinta, melainkan sudah menggunakan bubuk toner sebagai pewarnanya. Ukuran pinter Laser Jet sendiri cukup bervariasi, mulai dari yang kecil hingga sampai yang besar. Bukan hanya itu, printer Laser Jet juga banyak digabungan dengan mesin fotokopi dan scanner, sehingga lebih memiliki banyak fungsi

4. POS Printer/Printer Thermal

POS Printer atau Printer Thermal merupakan jenis printer yang digunakan untuk tujuan khusus. Printer Thermal merupakan jenis printer yang memanfaatkan panas untuk mencetak. Printer ini juga tidak menggunakan pin dalam penggunaannya seperti printer dot matrix. Penggunaan printer thermal ini dapat membuat pencetakan yang tidak mengeluarkan suara sama sekali. Printer jenis thermal biasnya berukuran kecil dan kebanyakan digunakan untuk mencetak struk.

5. Printer Label

Jenis printer yang digunakan untuk keperluan khusus, jenis printer label hamper mirip dengan printer thermal dilihat dari cara penggunaannya. Printer label memiliki ukuran yang kecil, simple dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Media yang digunakan untuk mencetak biaasanya dapat berupa gulungan label.

6. PlotterĀ 

Jenis printer Plotter atau Wide Format Printing merupakan jenis printer yang digunakan untuk keperluan khusus. Printer jenis ini sangat dimanfaatkan untuk melakukan proses printing pada media-media yang memiliki ukuran sangat besar dan media outdor lainnya. Media yang biasa digunakan untuk mencetak dengan printer jenis Plotter yaitu banner, spanduk, ID card, kartu nama, poster dan brosur.

7. Direct To Grament Printer (DTG)

Direct To Grament Printer merupakan jenis printer khusus yang penggunaannya dikhususkan hanya untuk mencetak bahan-bahan hasil produk garment, tekstil dan kain. Printer DTG banyak digunakan oleh pelaku usaha sablon, sehingga tidak perlu lagi melakukan penyablonan secara manual.

Baca juga : Cara merawat printer agar awet dan tahan lama

Nah, itulah macam – macam jenis printer yang digunakan hingga sekarang. Kalau kita lihat terdapat berbagai macam jenis yang difungsikan secara berbeda – beda. Ada yang digunakan untuk administerasi perkantoran, ada juga yang berfungsi sebagai pencetak banner dan juga industri garment. Mungkin sampai di sini dulu, sekian dan semoga bermanfaat !

Loading...

Leave a Reply