5 Tips Maintenance Printer Canon Ip2770 Agar Awet

Cara merawat printer sebenarnya tidaklah sulit, cukup lakukan beberapa macam tratment sederhana. Namun terkadang kita hanya memakainya saja, tanpa mau menjaga dan merawatnya. Atau mungkin anda belum mengetahui langkah – langkah apa saja yang bisa dilakukan sebgai tindakan untuk merawat printer. Pada kesempatan ini, secara khusus Ruang Berbagi akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara merawat printer canon ip 2770.

Anda di rumah tentu banyak juga yang memiliki seri printer canon yang legendaris ini. Termasuk juga saya, printer saya sudah hampir 6 tahun, bukan tidak rusak namun masih tetap bisa digunakan. Nah untuk anda yang juga memiliki printer tersebut baik beli baru atau memang sudah lama, mungkin tips merawat printer canon serti ip2770 ini berguna untuk anda.

Printer Canon ip2770

Ada banyak sekali jenis jenis printer di pasaran, dan umumnya yang biasa digunakan untuk personal yaitu jenis inkjet, seperti printer yang satu ini. Canon ip2770 merupakan jenis perinter inkjet yang hingga saat ini masih cukup banyak peminatnya. Simpel, ringan dan harganya cukup terjangkau. Namun demikian, printer ini apabila dirawat dengan baik dan benar merupakan printer yang kuat dan tahan lama.

Langkah – Langkah Perawatan Printer Canon Ip2770

Di sini saya hanya akan berbagi tips yang pernah saya lakukan terhadap printer saya, jadi tidaklah mutlak. Hanya saja cara merawat printer canon ip 2770 biasa ataupun infus kurang lebih tidak jauh – jauh dari point – point berikut ini :

1. Menggunakan Printer Dengan Wajar

Tips pertama yang harus selalu kita perhatikan yaitu pada pemakaian. Ini juga termasuk proses perawatan karena akan berpengaruh terhadap kinerja printer. Gunakan printer sesuai dengan kemampuannya. Ip2770 merupakan printer yang cukup kuat, namun apabila anda menginginkan printer anda awet dan tahan lama, gunakan saja sesuai kemampuannya.

2. Matikan Printer Dengan Cara Yang Benar

cara merawat printer canon ip 2770

Apakah ada yang salah ketika mematikan printer ? Bisa jadi. Bagaimana itu ? Printer memiliki tombol on/off sebagaimana perangkat elektronik lainnya. Hanya saja terkadang ketika kita tekan tombol off pada printer untuk mematikannya, printer tidak serta merta mati, namun secara otomatis melakukan maintenence head cleaning jika dianggap perlu oleh sistem.

Ip2770 ini juga demikian, tipsnya adalah jangan mencabut kabel power dari stop kontak apabila printer belum benar – benar mati. Apalagi anda mematikan printer dengan cara mencabut kabel tanpa menekan tombol on/off.

3. Gunakan Fitur Head Cleaning Dengan Benar

Dalam software driver printer canon ip2770 terdapat fitur untuk melakukan head cleaning. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sumbatan – sumbatan yang ada pada head cartridge printer (tempat keluarnya tinta). Lakukan head cleaning sesuai kebutuhan dan jangan terlalu sering melakukannya, kecuali cartridge printer anda memang sudah lemah.

Bila printer Canon ip2770 anda baru, maka lakukan paling seminggu sekali, itupun apabila anda memakainya rutin. Bila jarang – jarang, biarkan saja printer melakukannya sendiri otomatis ketika anda mematikannya.

4. Jaga Kebersihan Printer

Cara merawat printer canon ip 2770 selanjutnya yaitu dengan memperhatikan kebersihan printer. Agar anda tidak sering – sering membersihkan maka tempatkan printer di tempat yang tidak ada debu masuk. Jika tidak maka bersihkan printer secara berkala.

Setelah menggunakan printer, jangan lupa tutup cover printer dan tutuplah printer dengan kain atau plastik agar debu – debu yang beterbangan tidak menempel langsung pada printer anda.

5. Perhatikan Cara Menyimpan Printer

Ada hal yang cukup penting dalam proses perawatan printer ini yaitu cara menyimpan printer dalam waktu lama. Jika anda berkehendak untuk tidak menggunakan printer dalam waktu yang lama, maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar printer tidak rusak.

  • Lakukan head cleaning sebelum dimatikkan
  • Bungkuslah printer dengan plastik, atau masukkan ke dalam kardus printer dan tutup dengan rapat
  • Tempatkan printer di ruangan yang sejuk, tidak terlalu lembab tidak juga terlalu panas
  • Seminggu sekali, gunakan printer sekedar untuk mencetak 1 sampai 2 halaman kemudian simpan lagi dengan cara pada tersebut

Nah, langkah – langkah perawata printer Canon ip2770 tidak berhenti di 5 opsi yang saya bahas diatas. Anda bisa mencari informasi lainnya dari sumber lain atau dari orang yang memang berkecimpung dalam dunia printer. Cara merawat printer canon ip 2770 yang saya tulis merupakan pengalaman pribadi dan ternyata cukup efektif membuat printer saya bertahan hingga bertahun – tahun, sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply