Menurunkan Darah Tinggi Cukup Dengan 3 Cara Ini

Cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa dilakukan dengan berbagai macam metode baik secara alami ataupun menggunakan obat – obatan dari dokter. Yang pasti darah tinggi merupakan satu penyakit yang perlu diwaspadai karena bisa membawa dampak yang lebih parah apabila dibiarkan saja. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi beberap tips menurunkan tekanan darah tinggi dan bagaimana kontrolnya.

3 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

cara menurunkan tekanan darah tinggi

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Namun bisa kita kerucutkan dan fokuskan lagi menjadi 3 saja. Apa itu ?

1. Membiasakan Olahraga Teratur

Kita semua tentu sudah mengetahui dan saya yakin anda juga mempercayainya bahwa olahraga merupakan satu kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Dengan 30 – 60 menit sehari yang anda luangkan untuk berolahraga akan cukup efektif untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkannya hingga 4 – 9 mmHg.

2. Konsumsi Menu Makan Sehat

Salah satu hal yang bisa berakibat pada naiknya tekanan darah adalah sesuatu yang kita makan. Oleh karena itu, salah satu tips menurunkan dan mengontrol tekanan darah yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat penurun darah tinggi. Mengganti pola makan anda yang tidak sehat, akan sangat efektif untuk diet tekanan darah anda. Kurangi asupan garam, lemak dan juga kebiasaan yang tidak sehat. Cobalah untuk mengkonsumsi sayur dan buah segar serta kacang – kacangan seperti kedelai dan sejenisnya.

Baca ini : 5 Manfaat daun Bayam untuk kesehatan

3. Managemen Stres Yang Baik

Dari sekarang belajarlah untuk mengontrol kondisi psikis anda. Karena batin sangat erat kaitannya dengan penyakit. Tekanan darah juga disebabkan oleh stress yang berat. Managemen stress yang baik amat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan juga memperkuat imunitas tubuh kita.

Tiga tips cara menurunkan tekanan darah tinggi tersebut apabila diimbangi dengan kontrol yang baik dan pemantauan tekanan darah secara teratur cukup efektif anda jadikan program.

Sekarang anda tidak perlu ke dokter untuk periksa tekanan darah, alat tensimeter bisa anda beli di toko alkes ditempat tinggal anda. Anda hanya cukup belajar bagaimana cara menggunakan tensimeter dengan benar dan anda gunakan untuk memantau kondisi tekanan darah anda sehari – hari selama menjalani program penurunan darah tersebut. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply