4 Tips Mengatasi & Mencegah Sakit Tulang Belakang

Cara mengatasi sakit tulang belakang bisa dilakukan dengan cara – cara yang mudah. Tanpa obat, hanya saja merubah kebiasaan yang sudah dilakukan ini terkadang cukup sulit. Namun berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita coba setidaknya bagi anda yang belum merasakan sakit di bagian belakang atau mungkin di tulang belakang. Silahkan dibaca dan coba dipraktekan. Ada 4 tips yang cukup mudah kita lakukan.

cara mengatasi sakit tulang belakang

1. Teliti Dengan Benar

Langkah pertama pastikan dulu apakah memang benar, gangguan sakit yang biasa dirasakan adalah dari tulang belakang. Caranya coba periksa postur tubuh anda dan keluarga anda apakah kondisi tubuhnya sedikit melengkung ? Ke depan, ke belakang atau juga ke samping. Jika iya, maka segeralah pergi ke dokter, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Coba Cek Dan Rasakan Posisi Duduk Anda Ketika Bekerja

Mengatasi sakit tulang belakang bisa juga dilakukan dengan cara mengganti atau membenarkan posisi kita pada saat duduk. Ketika kita bekerja lebih dari 5 jam dalam keadaan duduk maka usahakanlah menggunakan kursi yang nyaman dan sesuai dengan postur tubuh anda.

Jika anda bekerja dengan layar komputer, buatlah sejajar dengan pandangan anda. Jangan terlalu pendek dan juga terlalu tinggi. Lebih baik juga gunakan kursi hidraulik yang bisa diatur tinggi rendahnya sehingga ketika punggung anda sudah tidak nyaman. Bisa disesuaikan.

3. Perhatikan Pada Saat Tidur

Cara mengatasi sakit tulang belakang bisa juga dengan memperhatikan posisi dan juga tempat tidur. Karena banyak orang yang mengeluh sakit tulang belakang saat bangun tidur. Lalu apa yang perlu diperhatikan dengan urusan tidur ini ?

Pertama tempat tidur atau kasur yang anda gunakan untuk tidur. Hendaknya gunakan kasur yan tidak terlalu empuk dan juga tidak terlalu keras. Apabila anda menggunakan kasur yang sangat empuk ketika tidur. Posisi tubuh bagian tengah akan melengkung ke bawah dan menekan bagian tulang belakang. Inilah yang menyebabkan anda sakit di bagian tulang belakang.

Keuda posisi tidur anda, untuk menjaga agar tulang belakang tetap lurus, cobalah untuk tidur miring sambil memeluk bantal guling. Dengan posisi ini tulang belakang anda bisa dikondisikan dalam keadaan lurus.

4. Ubah Kebiasaan Membawa Beban Berat Dengan Tas Punggung

Sakit tulang di bagian belakang juga bisa dipengaruhi dari cara kita membawa beban. Misalkan kita terbiasa menggunakan tas slempang saat ke sekolah, dan itu berlangsung selama bertahun – tahun tentunya. Bisa jadi ini menjadi penyebab gangguan tulang belakang yang kita alami sekarang.

Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan menggunakna tas punggung apabila membawa beban yang cukup berat. Apabila memang sangat berat, cobalah untuk membawanya dua kali jangan sekali bawa. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi sakit tulang belakang.

Baca juga : Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah

Cara menghilangkan sakit tulang belakang dengan memperhatikan kebiasaan kita sehari – hari, diimbangi dengan asupan makanan yang baik untuk tulang, serta konsultasi dengan dokter yang tepat bisa jadi solusi terbaik untuk anda yang kebetulan mengalami masalah dengan tulang belakang. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply