Mau Tau Caranya Cleaning Printer Yang Benar ? Yuk Baca !

RuangBerbagi – Printer merupakan satu device komputer yang penting dan tidak bisa terlepaskan dari komputer itu sendiri. Sebagaimana kita ketahui, fungsi printer adalah untuk mencetak dokumen, baik berupa gambar atau tulisan. Printer layaknya perangkt digital yang lainnya perlu dilakukan perawatan atau maintenance agar tidak mudah rusak.

Perawatan printer bisa anda lakukan salah satunya dengan cleaning printer. Apa itu cleaing printer dan bagaimana caranya ? Kita akan simak pembahasannya pada kesempatan kali ini. Jangan kemana – mana dan silahkan lanjutkan membaca.

Salah satu jenis printer yang cukup banyak digunakan yaitu printer inkjet, dan salah satu merk yang cukup terkenal untuk jenis printer ini yaitu Canon. Di kesempatan ini, RuangBerbagi akan khusus membahas mengenai bagaimana cara cleaning printer canon.

Mungkin beberapa dari anda bertanya dalam hati, ada banyak sekali tipe printer canon lalu apakah caranya sama ? Untuk semua tipe asalkan jenis printernya inkjet maka tutorial ini bisa anda gunakan. Cleaning printer Canon untuk semua tipe dengan jenis yang sama caranya sama.

Cara Cleaning Printer Canon ip2770

Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, langsung saja kita mulai tutorial bagaimana cara meng cleaning printer canon. Di sini kebetulan yang saya gunakan adalah model printer inkjet legendaris yaitu canon ip2770.

  • Pertama pastikan komputer dan printer anda sudah terkoneksi dengan baik
  • Dengan menginstall printer di komputer, maka secara otomatis software maintenance yang akan digunakan untuk cleaning printer sudah tersedia
  • Dari jendela komputer anda langsung saja menuju ke “device and printer”, and bisa melalui “control panel” atau bisa langsung dari “start menu”
    cara cleaning printer canon
  • Disitu akan tampah berbagai macam device yang terkoneksi dengan komputer anda termasuk printer.
  • Klik kanan pada printer yang akan di “cleaing”, kemudian pilih “printer properties”
    cara cleaning printer canon
  • Kemudian akan muncul jendela seting printer, lalu pilih tab paling kanan dengan tulisan “maintenance” atau perawatan jika anda m    enggunakan bahasa Indonesia
    cara cleaning printer canon
  • Klik pada “cleaning” untuk memulai “cleaning printer canon”
  • Pilih cartridge warna atau hitam yang ingin anda cleaning, atau keduanya
    cara cleaning printer canon
  • Tunggu hingga proses selesai dan jangan melakukan perintah apapun pada saat proses cleaning berlangsung.

Nah jika selesai, anda akan diminta untuk mencetak hasil Nozzle Check untuk membandingkan apakah cleaning printer yang anda lakukan berpengaruh atau belum. Di situ ada juga opsi “cleaning” apabila anda rasa hasilnya belum maksimal.

Perlu diketahui, cara cleaning printer ini merupakan salah satu tips merawat printer agar tidak cepat rusak. Namun gunakan dengan bijak dan jangan terlalu sering melakukannya jika printer anda masih dalam kondisi baru. Cleaning printer ini juga bisa jadi solusi untuk printer infus yang “masuk angin”.

Mungkin sampai di sini dulu tutorial kali ini, semoga ulasan singkat mengenai cara cleaning printer canon dapat bermanfaat, terutama untuk anda yang membutuhkan. Sekian dan lupa, simak artikel menarik lainnya di RuangBerbagi.Net. Sampai jumpa lagi dan selamat beraktifitas.

Leave a Reply